Tentang Kami

Berdiri pada 2019, diinisiasi oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bersama United Nations Population Fund (UNFPA), dan didukung oleh BAPPENAS, Kementerian Kesehatan, serta BKKBN, Knowledge Hub mendukung program Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi sebagai hak asasi individu, salah satu program strategis dalam upaya meningkatkan kualitas SDM.

  • Visi Knowledge Hub


Berkala berbagi serta bertukar data, informasi, dan perspektif. Selain itu, Knowledge Hub pun memberikan dukungan teknis kepada pemangku kepentingan dan kelembagaan kesehatan reproduksi di Indonesia.


Misi Knowledge Hub

  • Menyediakan platform interaktif berbagi dan bertukar informasi kesehatan reproduksi;
  • Membentuk jaringan dan kolaborator riset dan pelatihan penguatan program KB/KR;
  • Mempromosikan agenda riset prioritas kesehatan reproduksi sesuai konteks Indonesia;
  • Mengembangkan kapasitas dan keterampilan analisis data dan komunikasi/penulisan dan komunikasi mitra jaringan Knowledge Hub;
  • Meningkatkan kapasitas institusi pusat dan daerah dalam pengembangan dan manajemen program KB/KR.

Knowledge Hub saat ini dikoordinir oleh Profesor Budi Utomo serta dibantu oleh Robert Joseph Magnani sebagai International Technical Advisor. Profesor Budi Utomo sendiri telah berkecimpung selama lebih dari 40 tahun, baik secara akademik maupun profesional, di bidang kedokteran, biostatistik, epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan demografi. Sementara Robert Joseph Magnani adalah seorang ahli berpengalaman hampir 40 tahun dalam bidang serupa, yakni populasi internasional dan kesehatan masyarakat. Ia telah bekerja di 38 negara di seluruh dunia dan menjalani karirnya selama 14 tahun terakhir di Indonesia. Bersama keduanya, terdapat enam anggota tim lain yang turut membantu dalam program kerja Knowledge Hub, yaitu:

Tim Kami

100x100

Budi Utomo

Coordinator

100x100

Robert Magnani

International Advisor

100x100

Nohan Arum

Project Officer

100x100

Dewi Nuryana

Research Team

100x100

Restu Adya Cahyani

Research Team

100x100

Sukma Rahayu

Research Team

100x100

Dwi Muliahani

Finance Officer

100x100

M. Mustaghfiri Asror

Communication Officer

Saat ini, sesuai dengan UNFPA CDP 2021-2025, Knowledge Hub berfokus pada ranah keluarga berencana, kesehatan reproduksi, aborsi, infeksi meluar seksual (termasuk HIV dan AIDS), persoalan terkait populasi, serta permasalahan berhubungan dengan gender. Oleh karena itu, Knowledge Hub menjalin kerja sama dengan UNFPA, BAPPENAS, BKKBN serta Kementerian Kesehatan dalam merealisasikan program-program terkait dengan visi misi dan fokus tersebut.

Dalam menjalankan peran serta program kerja yang dimiliki, Knowledge Hub telah melakukan berbagai macam kegiatan, seperti riset, capacity building, dan networking. Adapun kegiatan ini direfleksikan dalam :

  • Penguatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyebarluaskan masalah-solusi Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi
  • Pengembangan situs resmi (website) sebagai alat dan forum informasi, komunikasi, diseminasi pengetahuan dan eviden masalah-solusi Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi
  • Inventaris dan sumber dokumen analisis masalah-solusi Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi di Indonesia
  • Melakukan pengembangan Jaringan Knowledge Hub-Kesehatan Reproduksi Indonesia untuk meluaskan jangkauan kegiatan penguatan kapasitas dan ragam analisis masalah-solusi Keluarga Berencana/Kesehatan Reproduksi.